.

SELAMAT DATANG PARA PENGAMAT BLOG KAMI YANG SETIA

PANDUAN DASAR INSTALASI openSUSE 10.3

PENDAHULUAN
Saya mendapatkan openSUSE dari http://kambing.ui.edu, dan
mendownloadnya dengan menggunakan bandwidth kantor. Semoga
penggunaan internet saya tidak masuk 10 besar pengguna paling boros di
kantor, hehehe...
Saya mulai suka dengan varian Linux ini karena proses instalasinya sangat
mudah. Sama seperti Windows, bahkan memiliki tampilan yang lebih
indah. Kita nyaris bisa melakukan NextNextNext
saja semuanya
telah
dilakukan oleh installer. Semua hardware telah autodetect. Mungkin
bagian yang paling perlu mendapat perhatian adalah pada bagian partisi
saja. Namun, installer openSUSE yang dinamakan YasT (Yet Another
Setup Tool)[*] telah dengan cerdas mengajukan proposal bagaimana bentuk
partisi dari hardisk. Tidak lagi diperlukan pengetahuan khusus mengenai
struktur hardisk. Orang yang pernah memegang komputer dan mengerti
apa itu sistem operasi pasti bisa menginstall openSUSE. Orang yang
pernah melakukan instalasi Windows pasti bisa melakukan instalasi pada
openSUSE.
Mengapa Saya Suka openSUSE?
1. Tampilan yang menarik. Didominasi warna hijau lembut dengan
gradasi menjadikan openSUSE memiliki tampilan warna kesukaan
saya (Saya suka warnawarna
lembut).
2. Plug and Play! Jika sebuah sistem operasi menyasar pengguna
awam, fitur plug and play ini wajib ada. Fitur ini tidak dimiliki
oleh generasi LinuxLinux
yang tua. Namun, lupakan Linux yang
Glosarium:
YasT: Singkatan dari Yet Another Setup
Tool; merupakan software terpusat untuk
administrasi milik keluarga SUSE. Mungkin
jika dianalogikan dengan Windows, YasT
adalah sebuah Control Panel.
Masing-masing distro Linux memiliki
manajemen software yang berbeda-beda,
misalnya keluarga Debian yang memiliki
software handal bernama apt-get.
License Agreement:
Dokumen ini boleh disebarluaskan dan
digandakan dalam bentuk apapun asal tetap
menyertakan nama penulis. Setiap
modifikasi diperbolehkan dengan catatan
nama penulis pertama tetap dicantumkan.
Tidak diperkenankan copy-paste tanpa
penyertaan nama penulis. Jika dokumen ini
digunakan untuk kepentingan komersial,
bolehlah saya tahu. Terima kasih.

0 komentar: